Website Kami Masih Baru dan Belum Mempunyai Banyak Konten.

Monday, April 1, 2019

Tower of God Indonesia Season 3: Webtoon Legenda Telah Kembali!

Tower of God Season 3 telah hadir kembali! Setelah insiden di Stasiun Terakhir bersama pasukan tentara Jahad dan Komandan Skuadron Keempat Kallavan, kini Bam, KhunAA, Rak, dan kawan-kawan telah bersiap-siap untuk kembali melanjutkan perjuangan mereka untuk menaiki menara. Mampukah Bam membalaskan dendamnya kepada Komandan Kallavan?
Layar Promosi Season 3
Secara kompak, masing-masing pihak NAVER Webtoon Korea, Webtoon China, Webtoon Inggris, serta Webtoon Indonesia telah mengganti halaman sampul Tower of God untuk menyambut kedatangan Season 3. Terlihat bocoran besar terpampang nyata pada sosok Bam yang terlihat semakin gagah dan lebih percaya diri, dengan rambut yang.. keren?? Banyak yang bilang kalau bisa jadi Bam meniru gaya karena rindu dengan KhunAA😂😂


Dan seperti yang diharapkan dan telah diduga-duga bagi sebagian besar komunitas, keputusan hiatus SIU ini memang kemudian langsung dimanfaatkan oleh Webtoon China dan Webtoon Inggris untuk menyediakan Fast Pass.

APA ITU FAST PASS?

Fast Pass Tower of God pada Webtoon Inggris
Fast Pass pada 
Webtoon Inggris
Jadi, bagi kalian yang belum tau apa itu fast pass, ini adalah fitur terbaru dari webtoon yang menyediakan 3 episode tambahan  lebih awal untuk setiap komik yang hanya dapat diakses / dibaca dengan cara dibayar. 

Yah, kok bayar? Gak seru lagi ah..
Tenang, webtoon tetap menyediakan layanan baca komik gratis kok. Fast Pass hanya menyediakan layanan sementara bagi orang-orang yang sudah tidak sabar untuk menunggu cerita dan mau baca lebih cepat. Target LINE adalah orang-orang yang mau mengeluarkan uangnya secara sukarela.

Tentunya tidak semua orang bisa membeli fast pass karena keterbatasan usia ataupun finansial keuangan, tapi fast pass sifatnya tidak dipaksakan. Webtoon tetap gratis. Episode atau Chapter yang dijadikan Fast Pass juga nantinya juga secara berangsur-angsur atau pelahan-lahan akan tetap disediakan mejadi gratis kok satu per satu pada minggu-minggu yang akan datang. Jadi, yang gak mau bayar, harap bersabar.

FAST PASS NAVER Webtoon KOREA

Fast Pass di NAVER Webtoon Korea Selatan sendiri sebenarnya bukan hal yang baru. Mereka telah melakukan praktek "PayToRead (bayar untuk membaca)" selama kurang lebih 5 tahun. Untuk Tower of God sendiri, NAVER Webtoon Korsel telah menyediakan fast pass sejak 3 tahun yang lalu, tepatnya pada tahun 2016, saat itu episode dimana Putri Yuri Jahad bertemu kembali dengan Bam dan memeluknya (Season 2 Eps.195). Saat itu juga SIU juga sempat hiatus dan beristirahat, padahal diam-diam sebenarnya dengan alasan inilah SIU menyiapkan fast pass di Korea Selatan pada saat itu.

FAST PASS LINE Webtoon CHINA DAN INGGRIS

Pada kedua versi layanan bahasa ini, webtoon official mereka telah mantap untuk menyediakan fast pass untuk membaca Tower of God,.

FAST PASS LINE Webtoon Indonesia

Berbeda dengan Webtoon China dan Inggris, Webtoon Indonesia sepertinya belum siap atau ragu untuk menyediakan fast pass Tower of God versi Indonesia. Kenapa ya? Sepertinya mereka masih butuh waktu untuk menerjemahkannya atau ada alasan lain..? Entahlah, tidak ada informasi lebih lanjut tentang hal ini. Kita tunggu saja.